Halaman

Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

KEGIATAN MEMBUAT SINOPSIS DARI BUKU




IDENTITAS BUKU

x        Judul : 175 Jalan Menuju Surga Allah
x        Pengarang : Nayef bin Mahmud bin Abdul Aziz Alu Su’ud
x        Penerbit : Pustaka darul ilmi
x        Tebal buku : 282 halaman
x        Cetakan pertama : safar 1427 H
x        Cetakan ketiga : rajab 1429 H
x        Editor : tim pustaka darul ilmi

 
SINOPSIS

Sifat pintu surga oleh Allah di jelaskan dalam QS. Az-Zumar:73 yang artinya  “ Dan orang – orang yang bertakwa kepada tuhan di bawa ke dalam surga berombongan. Sehingga apabila mereka sampai ke surga itu sedang pintu – pintunya telah terbuka dan berkatalah kepada mereka penjaga – penjaganya : “kesejahteraan di limpahkan atasmu. Berbahagialah kamu! Maka masukilah surga ini, sedang kamu kekal selamanya”. Adapun beberapa cara penghuni surga dapat memasuki surga yang pertama kali bagaikan laksana rembulan di malam purnama. Selanjutnya bagaikan laksana bintang yang sangat terang dilangit. Di dalam surga kita di sangat di manjakan seperti: sisir kita terbuat dari emas, pasangan kita adalah para bidadari yang sungguh menawan hati, dll. Di dalam sabda rasul di sebutkan bahwa penghuni surga yang paling rendah salah satunya seseorang yang datang setelah seluruh penghuni surga dimasukkan ke surga. Amalan kita di dunia merupakan nilai saat kita di akhirat nanti, sebagai pengukur di mana nanti kita akan di tempatkan surga atau neraka. Pasar ?? kita mengenal pasar bukan hanya di dunia tapi juga di surga terdapat pasar. Pasar di dalam surga hanya di datangi para ahli surga pada hari jum’at saja. Ketika itu angin dari arah utara berhembus dan mnerpa wajah beserta pakaian penghuni surga dan menjadikannya lebih tampan dan bertambah bagus. Sedangkan sungai di surga dalam sabda rasul di sebutkan bahwa aliran sungainya berlian dan permata serta tepinya terbuat dari emas. Di dalam surga kita di liliti dengan emas dengan pakaian berwarna hijau dari sutera halus nan tebal. Ciri wanita penghuni surga, di dalam surga dia akan menjadi gadis perawan yang penuh cinta, yang amat mencintai suaminya, berau harum, serta amat cantik. Apabila wanite penghuni surga berada di bumi, niscaya dia akan menyinari bumi serta membuat wani seluruh isi bumi. Nyanyian wanita penghuni surga tersebut amatlah merdu dan enak di dengar. Adapun setiap lelaki penghuni surga mendapatkan 2 bidadari cantik yang salah satunya memakai tujuh puluh jubah yang sumsum betisnya dapat terlihat dari balik dagingnya. Dalam hadist di jelaskan sifat dari kuda yang artinya “ Dari Sulaiman bin Buraidah, dari ayahnya, bahwasanya ada seorang lelaki bertanya kepada Nabi Muhammad seraya berkata, wahai Rasulallah, apakah di dalam surga ada kuda ? Nabi bersabda, apabila Allah memasukkanmu dalam surga, maka tidaklah kamu ingin menunggangi seekor kuda yang tercipta dari permata merah yang terbang membawamu ke manapun dan itu pasti terjadi”.
            “Orang – orang yang beriman dan tidak mencampuradukkan iman mereka dengan kezhaliman, mereka itulah yang mendapat keamanan dan mereka itu adalah orang – orang yang mendapatkan petunjuk” (QS. Al-An’am:82). Kezhaliman di sini adalah kesyirikan, seperti yang tercantum dalam sabda rasulallah.
            Ada sebuah kisah hamba Allah yang masuk surga karena lalat dan masuk neraka karena lalat pula. Dahulu kala,  ada dua orang lelaki yang melewati suatu kaum yang memiliki sebuah patung yang tidak boleh di lewati oleh seorangpun kecuali jika dia berkurban apa saja untuknya. Salah satu dari orang tersebut berkata “ Berkurbanlah!” dijawab “ Aku tidak memiliki apapun untuk aku kurbankan” . Kaum tersebut berkata “ Berkurbanlah walau hanya seekor lalat!”. Sala satu dari orang tersebut berkurban seekor lalat, lalu mereka melepaskannya. Maka dengan demikian dia masuk neraka. Mereka berkata kepada seorang lainnya “ Berkurbanlah walau hanya seekor lalat!” lalu dijawab “ Aku tidak akan berkurban kepada siapapun selain Allah sedikitpun”. Tanpa bosa basi kaum itupun memenggal leher orang itu. Maka orang itupun masuk surga.
            Cara kita masuk surga amatlah mudah diantaranya berdoa untuk menghilangkan kesyirikan baik yang kecil ataupun yang besar serta berbakti kepada kedua orang tua dan kewajibannya. Adapula menyambung tali silaturahmi di jelaskan dalam sabda Rasulallah yang artinya “ tidak akan masuk surga orang yang memutus tali silaturahmi”.
            Meraih pahala dari setiap mukmin dan mukminah. Alangkah indah doa yang diucapkan oleh seseorang untuk memohon ampunan bagi dirinya, kedua orang tuanya, kamu mukminin, dan mukminat, baik yang sudah mati ataupun masih hidup. Akan di berkahi orang yang selalu mendoakan sesamanya. Apabila ada seseorang mukmin mendoakan mukmin yang lain sedangkan kita sebagai umat muslim berkata amien, sangatlah di berkahi. Karena malaikta yang mengawal kita juga akan mengamini kita. Orang yang ingin di selamatkan dari api neraka, bedzikir, dan berkasih sayang terhadap semua orang itu merupakan jalan untuk menuju surga Allah. Apabila di setiap memasuki waktu pagi dan petang kita berkata “ Aku ridhlo Allah sebagai rabbku, Muhammad sebagai Nabiku” sebanyak tiga kali, hak bagi Allah untuk meridhoi pada hari kiamat kelak. Beribu – ribu pahala dan sebuah rumah di surga di dapat ketika kita di pasar kita berkata “ Tiada tuhan selain Allah yang berhak di sembah. Hanya milik-Nya segala kerajaan. Hanya milik-Nya segala pujian. Dialah yang menghidupkan dan mematikan dan Dia maha hidup dan tidak aka pernah mati.
            Berucap salam sangat di anjurkan oleh islam. Dalm meringankan beban sesama seperti meringankan beban utang atau lain – lain. Di dalam al-qur’an di jelaskan bahwa keutamaan dunia hanyalah dengan dzikir kepada Allah swt, amal shaleh, dan berilmu. Allah swt memiliki banyak karunia sehingga kita di anjurkan untuk mempersiapkan diri untuk menerima karunia Allah. Karena kita mempersiapkan diri tersebut. Kita tidak akan sengsara selama – lamanya.
            Allah memiliki banyak malaikat yang berjalan – jalan mencari orang yang gemar berdzikir. Apabila malaikat menemukan orang yang berdzikir kepada Allah, malaikat saling memanggil satu sama lain. Oleh karena itu, dzikir sangat penting bagi para mukminin dan mukminat dalam membuka kunci surga.
            Allah tidak suka orang bodoh. Sehingga Allah menghimbau kita untuk terus mencari ilmu. Dan para ahli ibadah harus berilmu karena sangatlah di berkahi para ahli ibadah yang berlimu yang mengajarkan ilmunya kepada manusia. Dalam hidup keutaman bershalawat kepada Nabi dianjurkan karena satu sholawat dapat menghapus sepuluh dosa kita. Orang yang haram api neraka yaitu orang yang senantiasa mengucapkan “ Tiada tuhan selain Allah, dia mengucapkan karena mengharapkan wajah Allah”. Menahan amarah serta membaca ayat kursi adalah juga sebab masuk surga.
            Surga ataupun neraka ? dijelaskan dalam sebuah surat yang berada di dalam al-qur’an yang artinya “ barangsiapa yang memohon surga kepada Allah sebanyak tiga kali, maka surga berkata : Ya Allah masukanlah dia ke surga. Baragsiapa yang memohon kepada Allah dijauhkan dari api neraka sebanyak tiga kali, maka neraka berkata: Ya Allah, jauhkanlah dia dari api neraka.”
            Islam mewajibkan kaumnya untuk menggali kuburan, memandikan mayat, dan mengkafaninya. Betapa bahagianya orang yang dapat melakukan hal tersebut terhadap mayat seorang mukmin. Jika saja pahala untuk menggali kuburan saja sangat begitu besar apalagi mewakafkan tanah kita untuk di jadikan kuburan. Bukan sekedar itu saja, mensholatkan dan mengantarkan mayit seorang muslim ke kuburannya pahalanya amat besar di dalam sabda Rasulallah pahala bagi orang yang menyolatkan mayit saja sebesar satu gunung uhud. Lebih baiknya lagi menyolati jenazah itu memperbanyak dari kalangan ahli tauhid.
            Sikap terpuji adalah sikap baik yang harus di tunjukkan manusia kepada siapapun. Sikap terpuji ini sangat di sukai Allah seperti sabar, tenggang rasa, dll. Oleh sebab itu, sikap terpuji dapat menyebabkan kita masuk surga Allah. Sikap suka memberi dengan diiringi niat iklas dapat menjadi kedudukan yang paling afdhol di sisi Allah walaupun pemberiannya hanya sedikit. Musibah ? biasanya musibah tersebut menjadi seseorang mudah goyah. Demikian cara untuk menolak musibah secara tiba – tiba. Setiap pagi dan sore dianjurkan mengucapkan dengan nama Allah dzat yang dengan menyebut namaNya, sesuatu apapun yang berada di bumi dan di langit tidak bisa memberikan mudharat. Adapula ketika keseharian kita mengucapkan mahasuci Allah dzat yang mahaagung dan dengan pujiannya niscaya di surga kita di tanamkan satu pohon kurma.
            Ada cerita dahulu sahabat Nabi Muhammad bertanya kepada Nabi “ Ya Rasulallah saya sangat mencintai surat al iklas” rasul bersabda “ sesungguhnya rasa cintamu itu dapat memasukanmu ke dalam surga Allah”. Apabila kita telah membaca surat al iklas sebanyak sepuluh kali surga Allah sangat terbuka lebar bagi kita. Membaca al-qur’an serta mengajarkannya kepada orang lain dan keutamaan pergi ke masjid untuk membaca dan belajar al-qur’an sangat mulia di hadapan Allah.
            Anjuran untuk membuka pintu kebaikan dan sangat di ancam oleh Allah membuka pintu kebaikan bagi pemfitnah. Karena Allah sangat membenci orang yang suka menggunjing dan memfitnah. Kebaikan dan kejelekan sangat di hargai oleh Allah. Apabila kita memiliki niat untuk melakukan kebaikan namun tidak di amalkan maka Allah akan mencatat hal itu dalam satu kebaikan. Kalu kita mengamalkan hal itu Allah akan mencatatnya menjadi sepuluh kali lipat banyaknya. Dan juga apabila kita melakukan satu niat kejelekan tapi tidak mengamlkannya oleh Allah di catat menjadi satu kebaikan yang sempurna. Tetapi kalau di amalkan Allah akan mencatat menjadi satu kejelekan. Berdakwah atas agma Allah sangat besar pahalanya dan kita wajib memberi petunjuk terhadap sesama manusia. Keutamaan orang yang menjalankan kebaikan serta menghidupkan sunnah yang telah mati. Pahalanya yaitu pahalanya sendiri serta pahala orang yang mengamalkannya serta kematiannya tidak akan mengurangi pahalanya sedikitpun. Sebagai makluk Allah kita di anjurkan melakukan kebaikan kepada seluruh makluk Allah yang lainnya.
            Ada berbagai macam cara kita untuk masuk ke dalam surga. Keutamaan menyingkirkan gangguan dari jalan juga salah satu yang menyebabkan kita masuk surga. Namun harus dengan niat yang iklas. Kejadian – kejadian yang ma’ruf dapat melindungi kita dari kejadian yang buruk.
            Empat perkara yang mudah dapat memasukkan ke surga antara lain : puasa, mengiringi jenazah, memberi makan orang miskin, dan menjenguk orang sakit. Empat perkara tersebut jika dilakukan akan memudahkan kita untuk masuk surga. Berbuat baik kepada tetangga juga termasuk di antara  sebab – sebab yang dapat memasukkan kita ke dalam surga. Karena tetangga adalah kerabat kita yang paling dekat jadi sepantasnya kita selalu baik terhadap tetangga. Tetangga yang selalu membantu kita setiap saat. Keutamaan cinta di dalam jalan Allah dan keagungan pahalanya. Di jelaskan dalam HR. Ath-Thabrani “...dan seseorang lelaki yang mengunjungi saudaranya yang berada di ujung negri, dia tidak mengunjunginya kecuali karena Allah, dia akan berada di surga”. Sebagai umat muslim kita tidak boleh memutuskan silaturahmi, dengan berjabat tangan dan saling maaf – maafan Allah akan mengampuni dosa kita sebelum kita berpisah.
            Istighfar, memohon ampun kepada Allah. Dengan mengucapkan istighfar akan di bahagiakan oleh Allah di dunia ataupun di akhirat. Ada kisah seseorang yang memberikan seteguk air kepada seekor anjing yang kehausan sehingga anjing itupun memakan batu. Allah maha mengetahui, seorang itupun masuk surga karena seteguk air.
            Kemurkaan Allah melihat seorang wanita shaleh yang menganiaya tetangganya dan yang bermuka dua, serta orang yang suka mengadu domba.
            Kalimat yang dapat mengantarkan ke surga dan neraka. Kalimat – kalimat tersebuat di golongkan dalam kalimat yang di murkai Allah dan tidak di murkai Allah.
            Seperti kata pepatah sabar subur. Memberi maaf dan lapang dada termasuk diantara sebab masuk surga. Seorang wanita harus pandai mengatur harga diri. Allah mewajibkan menutup aib – aib kaum muslimin dan keutamaannya dan pengharamannya menyebarkan aib – aib kaum muslimin tanpa kepentingan. Perdamaian sangat sulit di lakukan tapi apabila manusia mendamaikan orang yang bertengkar niscaya surga imbalannya.
            Keutamaan adzan bagi para  muadzin.  Seorang muadzin adalah orang yang panjang lehernya ketika nanti di hari kiamat. Sholat itu wajib bagi seluruh muslimin dan mslimat namun ada sholat sunnah dua raka’at yang dapat menyebabkan masuk surga. Sholat berjamaah itu lebih utama daripada sholat sendiri. Allah sangat menganjurkan kita sholat berjamaah di masjid. Menjawab adzan dan mendengarkan adzan sangat berlimpah pahalanya.
            Siwak adalah sebeb kesucian untuk mukut dan sebab keridhoan Allah. Sholat wajib lima waktu dan sholat jumat itu adalah sholat untuk menghapus dosa besar kita. Sholat tersebut di lakukan lebih baik di tanah yang luas dan dengan kesendirian serta kesunyian. Melakukan sholat shubuh dan ashar niscaya akan masuk surga. Apabila hadir di masjid pada saat shubuh dan isya’ merupakan keamanan dari kemunafikan. Apabila kita meninggalkan sholat secara keseluruhan merupakan seseuatu kekufuran yang amat di benci oleh Allah. Kalau meninggalkan sholat jama’ah itu merupakan tanda – tanda terkuat akan kemunafikan. Keutamaan mendapatkan takbiratul ikhram selama empat puluh hari Allah akan menghindarkan dari api neraka dan kemunafikan. Keutamaan hari jumat ketika kita bergegas menuju ke masjid untuk melaksanakan shokat jumat pahalanya amat berlipat ganda. Keutamaan berdoa di tegaskan dalam sabda Rasul “ Tidak ada sesuatu apapun yang lebih mulia bagi Allah daripada doa”. Adakalanya berdoa lebih baik apabila pada saat setelah bangun dari ruku’. Ada juga sholat sunnah fajar, apabula melakukan sholat tersebut di anggap Allah lebih baik daripada dunia dan seisinya. Keutamaan melakukan sholat sunnah duhur dan pahalanya serta sholat sunnah dua raka’at setelah kita melakukan dosa. Sangat di cintai oleh Allah. Sholat malam merupakan sholat yang berat yang harus di lakukan oleh manusia namun amat besar pahala orang yang melaksanakan sholat malam. Ataupun keutaman begadang saat malam hari dalam keadaan yang suci.
            Penggembala kambing oleh Rasulallah di jamin surganya. Pada saat pagi hari ketika ayam berkokok kita di anjurkan untuk membaca doa.
            Kemuliaan orang yang membangun masjid walaupun seperti kandang burung. Orang tersebut nanti ketika di akhirat akan di bangunkan rumah yang megah.
            Makan, berpakaian, dll di lakukan dengan do’a makan Allah akan mengampuni dosa manusia.
            Orang yang berkecukupan di wajibkan untuk  berzakat. Allah akan melaknat orang – orang yang meninggalkan zakat. Anak – anak yatim piatu dan para janda, apabila kita menanggung beban mereka Rasulallah telah memberi janji ketika di surga nanti orang tersebut akan berdampingan dengan Rasul. Adapula keutamaan memperbanyak keturunan. Karena telah di sebutkan tiga perkara yang tidak akan putus walaupun orang itu telah meninggal antara lain sedekah jariah, ilmu yang bermanfaat, dan anak yang sholeh yang selalu berdoa untuknya. Keutamaan orang yang memiliki anak – anak perempuan dan mampu mendidik mereka dengan baik. Dan juga keutamaan menumbuhkan anak – anak di atas ketaatan kepada Allah. Keutamaan mengajari Al – qur’an serta hapalan qur’an. Keutamaan bersabar ketika dia di tinggal mati oleh anaknya pada waktu kecil. Pahal yang amat besar ketika seorang perempuan yang mengadung keguguran namun tetap bersabar.
            Suami adalah imam bagi keluarga. Oleh karena itu suami tidak boleh semena – mena terhadap istri. Di wajibkan para suami berbuat baik kepada istrinya. Juga istri harus taat kepada suami itu merupakan sebab  dia masuk surga. Poligami hal yang menyakitkan bagi para perempuan namun di perbolehkan bagi kaum lelaki. Namun lelaki tersebut harus adil kepada para istri – istrinya.
            Orang yang cacat itu bukan berarti orang yang lemah. Allah telah memberika surga untuk orang yang buta dan dia tetap bersabar. Keutamaan menanis karena takut kepada Allah. Adapula keutamaan bersabar ketika kehilangan sang kekasih yang amat di cintainya. Keutamaan rendah diri dan celaan bagi orang – orang ayng bersikap sombong. Keutamaan ersedekah karena bersedekah dapat menyelamatkan kita dari hari kiamat. Keutamaan mati syahid, yaitu mati karena berada di jalan Allah dan membela islam. Keutamaan orang yang berdoa dengan sungguh kalau dia ingin mati syahid.
            Puasa merupakan hal yang dapat menjauhkan pelakunya dari neraka. Adapun macam – macam puasa yang di anjurkan untuk berpuasa yaitu puasa ramadhan, puasa enam hari dari  bulan syawal, puasa tiga hari, puasa hari arafah, dan puasa hari asyura. Keutamaan berbagi buka puasa bagi sesama orang yang berpuasa. Keutamaan lailatul qadr. Serta keutamaan melaksanakn haji dan umrah. Yang terakhir keutamaan beramal shaleh pada sepuluh hari pertama pada bulan dzulhijjah.

Refleksi
Dengan membaca buku ini saya lebih rajin dalam beribadah. Dan buku ini memotivasi saya untuk selalu berhati – hati dalam berbuat. Surga adalah tujuan akhir manusia hidup maka dari itu banyak orang yang ingin masuk surga. Sehingga membuat saya untuk terus menerus berbuat baik.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar


ShoutMix chat widget