Halaman

Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

SINOPSIS DAN RESENSI 1 LITER OF TEARS

1 LITER OF TEARS

IDENTITAS BUKU
Judul Asli                              : Ichi Rittoru No Namida
Judul internasional              : 1 Liter Of Tears
Kategori Buku                      : Biografi dan Memoar, Non Fiksi, Semua Umur
Penulis                                   : Aya Kitou
Penerbit                                 : PT. Elex Media Komputindo
Tanggal dan Tahun Terbit   : 27 Januari 2010
Tebal                                      : 168 halaman

SINOPSIS
Buku ini merupakan kisah tentang hidup Aya Kitou. Seorang gadis belia yang baru menginjak usia 15 tahun. Aya adalah seorang gadis yang cerdas, giat dan ceria. Ia sangat gemar menulis catatan harian. Walaupun Aya memiliki sifat keras kepala, tetapi terkadang ia juga cengeng. Di kelilingi oleh orang-orang yang senantiasa menyayanginya. Ayah,Ibu dan empat orang adiknya.
Kehidupan Aya di usia 15 tahun mulai mengalami perubahan ketika penyakit SCA (Spinocerebellar Ataxia). Penyakit yang menimbulkan ketidakseimbangan dalam daya kerja saraf dalam tubuh. Akibatnya, sel saraf sumsum tulang belakang, otak kecil,dan penghubung otak besar-otak kecil mengalami perubahan dan bahkan kehilangan fungsinya.
Namun semangat hidup Aya tak pernah surut, di antara keterbatasannya bergerak. Ia masih mampu menulis, mengepel, dan membersihkan kandang burung adalah rutinitasnya. Dikelilingi orang-orang yang menyayanginya terutama sang Ibu (Shioka Kito) meskipun ia sadar bahwa Aya tidak mampu membalas kasih sayang mereka. Namun ia tetap berusaha tanpa kenal lelah hingga pada usia 25 ia menutup mata untuk selamanya.

RESENSI
One liter of tears, itulah salah satu judul buku yang saya baca. One Liter of Tears (Ichi Rittoru no Namida) merupakan film drama dari Jepang yang diangkat dari catatan harian seorang gadis yang bernama Aya Kitou yang berjuang menghadapi penyakit yang bernama spinocerebellar ataxia (spinocerebellar degeneration disease). Buku harian ini juga bernama “One Litre of Tears” dan memuat kisah Kitou Aya yang ditulisnya sendiri dari umur 14 tahun hingga akhirnya ia mengalami kelumpuhan dan tak dapat melanjutkan lagi penulisan buku hariannya. Pada tanggal 23 May 1988 dalam umur 25 tahun, ia tidur untuk selamanya.
Wah, kisahnya sangat menyentuh perasaan. Tentang perjuangan hidup seorang wanita yang menderita penyakit yang belum ada obatnya. Kehidupannya berubah total setelah ia didiagnosa memiliki penyakit langka yang bernama spinocerebellar degeneration yang tidak dapat disembuhkan. Penyakit ini sedikit demi sedikit membuatnya tak bisa bergerak, berbicara, bahkan menelan makanan. Mulai dari saat inilah ia mulai menulis buku harian mengenai kehidupannya selama mengidap penyakit ini. Dengan semangat yang diberikan oleh keluarganya, khususnya ibunya, serta dokter yang merawatnya (Mizuno Hiroshi) dan seorang temannya yang bernama Asou Haruto, ia terus berusaha bertahan hidup dan berjuang melawan penyakitnya hingga ia meninggal dalam umur 25 tahun.
Buku ini sudah ramai dibahas orang beberapa tahun yang lalu. Yang saya cermati dari buku ini yaitu dukungan dan motivasi besar yang diberikan oleh keluarganya. Sebuah keluarga kecil tapi disana terdapat kekuatan yang bisa membuat wanita ini menjadi sangat spesial. Bagaimana seorang Ibu yang terus memberikan kasih sayang dan semangat kepada Aya untuk terus berjuang hidup dan penuh semangat untuk menjalani hidup. Ibunya pernah berkata “ga papa kamu menjadi lambat, ga papa kamu sering membuat kesalahan, yang penting adalah selalu lakukan yang terbaik yang kamu bisa”. Disini terlihat bagaimana kata-kata seorang Ibu bisa terus memotivasinya. Apalagi pada salah satu subbab/episode di buku ini, ketika adiknya Aya yang bernama Hiro diejek oleh teman-temannya pada saat bermain bola, mereka mengata-ngatai kakaknya yang berjalan seperti robot dan mana mungkin bisa mengajar bola pada Hiro, padahal Hiro berkata bahwa kakaknya yang telah melatihnya. Hiro hanya diam dan dia merasa malu atas kondisi kakanya (Aya) yang cacat itu. Tapi pada waktu itu ada Ako Ikeuchi, kakaknya Hiro yang lebih muda, kemudian dia yang menyadarkan Hiro bagaimana kakanya itu terus berjuang hidup, kakaknya adalah orang yang sangat luar biasa dan harus bangga mempunyai kakak seperti itu. Hingga akhirnya Hiro sadar dan tidak malu lagi punya kakak seperti itu. Pokoknya kehidupan dalam keluarga ini sangat menyentuh. Cerita pada drama ini, sesuai dengan judulnya, cukup sedih dan mengharukan terlebih ketika membaca tulisan-tulisan Aya, sangat direkomendasi sekali bagi orang-orang yang menyukai kisah-kisah sedih dan mengharukan. Melihat drama ini membawa kita mengenang saat-saat indah dan bahagia bersama orang-orang terdekat seperti keluarga, saudara, sahabat, dan teman-teman kita. Hargailah hidupmu dan lakukan yang terbaik yang kamu bisa…
Novel ini mengajarkan kepada kita agar lebih menghargai kehidupan yang Tuhan berikan. Betapa berharganya setiap hembusan nafas yang keluar, dan semangat hidup yang tak pernah padam. Sesungguhnya 1 Liter Of Tears bercerita tentang kebaikan hati dan kasih sayang. Kasih sayang orang tua ke anaknya. Ini terbukti bahwa Shioka Kito-lah orang yang pertama kali menemukan ide untuk membukukan catatan-catatan harian Aya Kito. Hal ini dilakukannya agar ia dapat terus mengenang Aya dan menularkan semangat kepada para pembacanya.

Berikut kata-kata yang saya jadikan motivasi yang juga merupakan isi dari buku harian Aya Kitou:

 (Ibu yang selalu di hatiku, ku tahu bahwa ku selalu bisa percaya Ibuku. Mulai dari catatan  ini sampai seterusnya ku tinggalkan untukmu,. Maafkan aku yang selalu membuatmu khawatir.)

 (Ibu mengajarkanku: “tak apa jikalau kau lambat, tak apa jika kau membuat kesalahan, hal yang terpenting adalah lakukan yang terbaik”. Aku ingin berkata, bahwa aku selalu serius. Perilaku ku mungkin agak..... tetapi ketika waktunya tiba, terasa sedikit menyakitkan.)

 (Waktu demi waktu, ketika keadaan hidupku pudar perlahan, aku akan mencari sebuah tempat dimana aku bisa melakukan yang terbaik yang aku bisa. Mulai sekarang, aku akan tenang perlahan. Aku tak ingin tergesa-gesa. Aku tak ingin tamak. Aku tak mau  menyerah. Karena setiap orang melakukan sesuatu itu bertahap.)

 (Penyakit ini, kenapa dia memilihku? Takdir, memang tidak bisa diungkapkan dengan kata-kata. )

 (Aku ingin membuat mesin waktu dan kembali ke masa-masanya dengan waktu yang kutetapkan. Jika bukan untuk penyakit ini, aku tak hanya bisa menikmati indahnya jatuh cinta tetapi aku juga tak ingin terus bersandar pada orang lain dan bisa hidup mandiri. )

 (Kenyataan itu terlalu kejam, terlalu brutal. Bahkan aku tak memiliki hak untuk bermimpi. Semakin aku memikirkan masa depan, air matalah yang akan keluar lagi)

 (Jika kau menatap langit setelah merasa sedih sekali, langit yang biru pun merentang tak terbatas hari ini dan tersenyum padaku... aku masih hidup)

 (Masih ada 4 hari lagi sebelum sekolah berakhir. Sepertinya semua ini karena diriku, semuanya melipat seribu bangau kertas. Pandangan mereka saat sedang melipati bangau kertas terlihat sangat teliti. Kan ku simpan mereka di kedalaman memoryku. Walau kami telah dipisahkan, aku tak akan pernah melupakan mereka. Tetapi... aku lebih suka mendengar mereka berkata “Aya-chan, jangan pergi”)

(Sementara orang lain berjuang untuk masa depan mereka, aku sedang berjuang untuk hidup)

 (Tak ada yang spesial. Hanya kisah seorang gadis yang dipilih oleh sebuah penyakit yang spesial)
Sampai saat ini, kisah perjuangan Kitou Aya yang dituangkan dalam buku harian “One Liter of Tears” telah terjual sebanyak 18 juta copy di Jepang.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

4 komentar:

Unknown mengatakan...

Iya memang mulai dari novel hingga dvd-nya laris terjual dimana-mana.....

Untuk yang belum nonton, bisa download semua episode Ichi Ritorru No Namida a.k.a One Litre Of Tears baik yg kualitas dvdrip maupun yang kualitas hd, link lokal indowebster.

Ada 11 episode dan 1 episode special. Tersedia subtitle Indonesia untuk yg format HD. Karena memang kisah ceritanya yang sangat berbobot sehingga nggak bakalan bosan ditonton berulang kali. Terakhir tahun lalu ditayangkan ulang di stasiun tv di vietnam thn 2012, jadi udah 8 kali drama ini ditayangkan di stasiun tv di berbagai negara di Asia.

VitaHwang mengatakan...

Cuman mau meralat sedikit, yang kamu bahas itu sih tentang dramanya, kalo novelnya tak ada tokoh bernama Asou Haruto, Kisah di novel dg dramanya kan ada sedikit perbedaan. Makasih^^ Salam kenal..

Pleso ia Black Dog mengatakan...

gan minta alamt filmnya donk biar bisa saya tonton atau dowload soalnya saya sangat kangen ma film ini, serius sumpah mohon di bantu ya soalnya saya cari di web dan yang lainnya gk ketemu"dvd saya hilang jd gk bisa saya tontn lagi filmnya, :( i like so this movie thanks for help,

Pleso ia Black Dog mengatakan...

gan minta alamt filmnya donk biar bisa saya tonton atau dowload soalnya saya sangat kangen ma film ini, serius sumpah mohon di bantu ya soalnya saya cari di web dan yang lainnya gk ketemu"dvd saya hilang jd gk bisa saya tontn lagi filmnya, :( i like so this movie thanks for help,

Posting Komentar


ShoutMix chat widget